Monday 24 December 2012

Bahaya Operasi Plastik bagi Manusia

Bahaya Operasi Plastik bagi Manusia


Sebelum anda memutuskan untuk melakukan operasi plastik ada baiknya anda menimbang dahulu baik buruknya. Untuk memperjelas maksud saya silahkan baca informasi berikut ini. Oleh dokter spesialis bedah plastik kenamaan dari AS yaitu Dr.Z.Paul Lorenc,Md dalam bukunya A Little Work : Behind The Doors Of A Park Avenue Plastic Surgeon.
Semua operasi plastik selalu meninggalkan bekas jahitan tetapi berkat perkembangan tehnologi kedokteran, bekas tersebut dapat dihilangkan sehingga terlihat samar. Tetapi tetap saja bila pembedahan yang disusul dengan penjahitan selalu akan menimbulkan bekas.


Liposuction (sedot lemak) atau biasa disebut operasi sedot lemak memang membuat tubuh terlihat lebih ramping pada bagian yang memang sulit dikecilkan oleh diet atau olahraga. Tetapi sebenarnya hal ini sia-sia karena justru bisa memperburuk tampilan selulit. Hal ini akan terjadi bila jumlah lemak yang disedot terlalu banyak sehingga kulit justru makin berkerut. Asosiasi Dokter Bedah Plastik di Amerika Serikat (American Society of Plastic Surgeons) membatasi maksimal jumlah lemak yang dapat disedot yaitu 6 pon tiap kali operasi karena bila lebih dari jumlah tersebut maka akan berakibat fatal.


Melakukan operasi pasti selalu memiliki resiko dan bila dokter anda terlalu banyak menyedot lemak dalam tubuh anda maka dapat menyebabkan kematian. Hal tersebut dikarenakan cairan tubuh serta darah yang tersedot akan sangat banyak dan sepertiga dari bahan yang keluar dari tubuh ketika operasi sedot lemak adalah darah. Terlalu banyak keluar lemak, darah serta cairan menyebabkan pasien shock, yang mngakibatkan gagalnya kerja jantung. Bila memang anda ingin melakukan operasi ini maka tanyakan pada dokter seberapa banyak lemak yang akan dikeluarkan.


Ada beberapa jenis bedah plastik yang dapat menimbulkan rasa sakit seperti Abdominoplasty atau Tummy tuck untuk mengencangkan perut; Breast Augmentation untukmembesarkan payudara. Hal ini dikarenakan bahan penambah ukuran baik yang terbuat dari silikon maupun saline harus diletakkan dibawah otot-otot dada yang berarti otot-otot tersebut harus dipotong terlebih dahulu.


Full Face Laser adalah sinar laser yang kuat digunakan untuk menghapuskan kerutan serta bekas luka. Karena kekuatannya, efeknya sama dengan luka bakar serius atau second degree burn pada kulit. Thigh Lift adalah operasi untuk mengencangkan paha sedangkan Body Lift berfungsi untuk mengencangkan seluruh tubuh dan dokter harus mengiris kulit tubuh dalam jumlah yang besar.


Sebaiknya anda hindari beberapa jenis operasi seperti Butt Implant yaitu operasi penambah ukuran bokong. Bila memang anda ingin bokong yang seksi dan indah sebaiknya lakukan olahraga. Karena jika anda operasi maka bokong anda akan disusupkan bahan pembesar seperti silikon atau saline pada otot bokong dan hasilnya tetap tidak terlihat alami serta beresiko sangat tinggi. Alasannya karena bokong setiap saat selalu diduduki, sehingga resiko silikon atau saline untuk pecah sangatlah tinggi. Selain itu kemungkinan silikon atau saline tersebut akan bergeser ke tempat lain karena sering diduduki.


Lip Impant merupakan operasi menebalkan bibir yang dilakukan dengan bahan silikon maupun Gore-Tex. Hasil dari operasi tersebut adalah bentuk bibir tebal yang sangat tidak alami. Bila anda tidak puas dengan hasilnya maka anda tidak dapat mengeluarkan kedua bahan tersebut karena sifatnya yang permanen. Resiko dari operasi ini juga bisa membuat bibir anda luka dan rusak.


Buccal fat pads removal adalah operasi pengangkatan kantung lemak pada pipi untuk kesan tulang pipi yang tajam atau tinggi. Saat usia bertambah maka secara alami wajah akan mengecil. Jika anda melakukan operasi ini maka lama kelamaan wajah akan terlihat lebih kempot dan hingga kini belum ada cara untuk mengembalikan lemak tersebut ke pipi.


Tetapi bila anda tetap ingin melakukan operasi plastik maka sebaiknya pilihlah dokter yang terbaik dan jangan mudah terbujuk dengan adanya diskon. Jangan melakukan operasi plastik di salon kecantikan atau yang bukan ahlinya karena taruhannya bukan hanya kecantikan wajah dan tubuh anda akan tetapi nyawa anda pun bisa melayang. Semoga bermanfaat terima kasih. [detik.com]

0 comments:

Post a Comment