Wednesday 26 December 2012

Chicharito Bara MU Menang Dramatisa

Proses gol penentu kemenangan dari Chicharito. (Foto: Reuters)





MANCHESTER - Manchester United berhasil melewati laga yang cukup sengit kala menjamu Newcastle United di Old Trafford dalam laga lanjutan Premier League, Rabu (26/12/2012). United berhasil memenangkan laga dengan skor akhir 4-3.

Laga sengit tersaji pada pekan ke-19 ini di markas United, tim asuhan Sir Alex Ferguson bahkan harus tertinggal sebanyak tiga kali hingga akhirnya bisa memenangkan laga ini. Ketiga gol dari Newcastle sendiri, dicetak oleh James Perch, Cisse, dan gol bunuh diri Jonny Evans.

Sedangkan, gol United antara lain dicetak oleh Evans, Patrice Evra, Robin van Persie, dan gol penentu kemenangan oleh Javier Hernandez. Dengan kemenangan ini, United tetap menguasai puncak klasemen sementara Premier League.

Tiga poin dari laga kali ini menambah raihan poin menjadi 46 poin. Hasil tersebut membuat United unggul 7 poin dari Manchester City yang berada di posisi kedua dengan 39 poin, besarnya selisih tersebut tak lain karena City menelan kekalahan atas Sunderland lewat skor 1-0.

Jalannya Pertandingan
Babak Pertama:
Dalam laga bertajuk Boxing Day ini, United langsung mencoba lakukan serangan ke daerah Newcastle sejak menit-menit awal. Tapi, usaha dari Robin van Persie tak menjadi gol karena umpan silangnya tak disambut oleh rekan-rekannya, hingga mampu diamankan oleh kiper Newcastle, Krul.

The Magpies berhasil mengejutkan kubu United dengan gol mereka pada menit keempat. James Perch sukses menyambar bola muntah dari sepakan Demba Ba dari luar kotak penalti yang ditepis oleh kiper De Gea. 

Gol dari Perch pun membawa Newcastle unggul 0-1 atas Setan Merah. Pada laga kali ini, United memang tak diperkuat oleh Wayne Rooney karena performanya yang kurang apik kala melawan Swansea City, pekan lalu.

Bahkan, pelatih Sir Alex Ferguson tak memasukan Rooney ke dalam susunan pemainnya dalam laga di pekan ke-19. Terlihat cukup ada perubahan yang signifikan dalam permainan United, di mana lini depannya sedikit menjadi tumpul.

Sedangkan di kubu tim tamu, pasukan Alan Pardew terus memberikan permainan yang cukup sengit dengan terus menekan pertahanan United. Namun, United malah menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol dari Jonny Evans pada menit ke-25.

Gol tersebut berawal dari tendangan bebas yang diambil oleh Ryan Giggs dan dilanjutkan oleh sepakan dari Javier Hernandez. Bola tersebut mampu ditepis oleh Krul, sayang bola muntahan tersebut berhasil dimasukkan oleh Evans.

Petaka bagi United datang pada menit ke-28,  di mana Evans mencetak gol kembali namun kali ini ke gawang timnya sendiri. Gol tersebut awalnya dianggap tak sah karena hakim garis menilai Cisse telah dalam posisi offside.

Akan tetapi, usai wasit Mike Dean berdiskusi dengan hakim garis akhirnya memutuskan untuk mensahkan gol bunuh diri dari Evans, karena Cisse yang berada dalam posisi offside sama sekali tidak menyentuh bola. Alhasil, United pun tertinggal 2-1 oleh tamunya dan skor ini bertahan hingga akhir pertandingan di babak pertama.

Babak Kedua:
Memasuki babak kedua, kedua tim langsung terlibat jual beli serangan dan mencetak beberapa peluang pun tercipta. Khusus untuk United, mereka sedikit kesulitan untuk menembus pertahanan dari The Magpies, hingga usaha Van Persie dan Chicharito pun sia-sia belaka.

Namun, usaha pasukan United terbayar pada menit ke-58, sekaligus menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Gol kedua dari United dicetak oleh Patrice Evra lewat sepakan keras mendatarnya dari luar kotak penalti dan gol keempatnya pada musim ini tak sanggup ditahan oleh kiper Krul.

Lengah pada barisan belakang membuat United kembali kebobolan pada menit ke-89 lewat gol dari Papiss Cisse dan membuat skor menjadi 2-3 untuk Newcastle. Gol tersebut berawal dari umpan tarik Gabriel Obertan yang sukses dikonversi menjadi gol oleh Cisse.

Menit ke-71 United berhasil menyamakan kembali kedudukan untuk ketiga kalinya pada laga kali ini. Gol ketiga Setan Merah berhasil dicetak oleh Van Persie yang berhasil memanfaatkan kemelut dimulut gawang Newcastle.

Skor imbang 3-3 membuat tensi permainan semakin tinggi dan kedua tim masih tampil cukup ngotot. Sayang, usaha dari kedua tim masih gagal dan United sendiri kerap mengenai tiang gawang sepakannya.

Hingga akhirnya, Hernandez alias Chicharito berhasil menjadi pahlawan bagi United pada menit ke-90. Di mana akhirnya usaha Chicharito membuahkan gol pada menit-menit akhir babak kedua dan membawa United unggul 4-3.

Gol tersebut berawal dari assist Michael Carrick lewat umpan lambung ke daerah kotak penalti dan berhasil diteruskan menjadi gol oleh Chicharito. Hingga tambahan waktu empat menit habis, skor tetap 4-3 bagi kemenangan United.

Susunan Pemain
Manchester United: 1-David De Gea, 3-Patrice Evra, 5-Rio Ferdinand, 6-Jonathan Evans, 12-Chris Smalling, 7-Antonio Valencia, 11-Ryan Giggs, 16-Michael Carrick, 22-Paul Scholes (23-Tom Cleverley 70), 14-Javier Hernandez (24-Darren Fletcher 90), 20-Robin Van Persie.

Newcastle United: 1-Tim Krul, 2-Fabricio Coloccini, 3-Davide Santon, 5-Danny Simpson, 6-Michael Williamson, 8-Vurnon Anita, 14-James Perch, 20-Gael Bigirimana (25-Gabriel Obertan 65), 22-Sylvain Marveaux, 9-Papiss Demba Cisse (28_sammy Ameobi 80), 19-Demba Ba (23-Shola Ameobi 72). [okezone.com]

0 comments:

Post a Comment