Sunday 13 January 2013

Telkom Bangun Hunian Ramah Internet

detail berita



SURABAYA - Upaya memperkuat penetrasi broadband, PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk menggandeng Real Estatat Indonesia (REI) Jatim. Dalam kerjasama tersebut, perusahaan plat merah akan membangun infrastruktur internet broadband ke seluruh perumahan atau hunian di Jawa Timur.

General Manager Unit Consumer Service Telkom area Jawa Timur, Susatyo mengatakan, kerjasama ini yang pertama kali di Indonesia, yang bertujuan menyiapkan sebuah konsep hunian yang Digital Friendly, sehingga perumahan di Jawa Timur bisa menikmati fasilitas internet broadband. 

"Telkom saat ini gencar memperbaruhi fasilitas jaringan berbasis fiber optik, sehingga dapat melayani kebutuhan internet yang ada dengan kecepatan tinggi," kata Susatyo di Graha REI Jatim, Surabaya.

Ia menjelaskan, menggandeng REI Jatim karena keanggotaan REI melingkupi 600 pengembang atau developer perumahan berbagi type dan segmen, mulai apartemen, pemukiman, rumah susun, sampai rumah sederhana. 

Kerjasama ini adalah memberikan akses broadband secara merata tidak hanya kalangan menengah ke atas saja. Termasuk nanti ke rumah-rumah sederhana.  

“Semua punya kesempatan yang sama untuk bisa menjadi cerdas dan memberi manfaat untuk Indonesia," tambahnya. Hanya saja, tentu penyediaan infrastruktur itu akan dilakukan bertahap sesuai dengan kesiapan jaringan Telkom," tambah Deputy Executive General Manager Telkom area Timur Bagyo Nugroho.

Dalam kerjasama ini salah satunya adalah pihak Telkom menyediakan segala kebutuhan infrastruktur akses internet. Sedangkan REI menyediakan tempat dan sumber daya listrik untuk kepentingan akses broadband internet.

Selain itu, setali tiga uang, pihak REI juga bersedia untuk menjadi distribusi kartu SPIN Card (Speedy Instan Card). Telkom juga melakan edukasi internet kepada masyarakat. 

Lebih jauh ia menjelaskan, program penyediaan broadband access yang gencar dilakukan Telkom ini, sejatinya adalah sebuah implementasi dari konsep besar Indonesia Digital Network atau disingkat IDN yang diusung Telkom untuk menyukseskan Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Pada MP3EI ini dimana didalamnya tercantum pentingnya ICT berperan dalam mempercepat pertumbuhan perekonomian di Indonesia. 

Broadband access menjadi teknologi untuk merealisasikan itu, karena peningkatan penetrasi broadband access di Indonesia akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi 1,38 persen (hasil riset Dr. Raul L. Katz untuk ITU  The Impact of Broadband on the Economy Research to Date and Policy Issues ). [okezone.com]

0 comments:

Post a Comment