Tuesday 20 November 2012

Peran penting Social Media dalam mengatasi pelanggan XL


Hallo sobat semua, pada kesempatan kali ini saya "MasKur-blogs" akan memberikan sebuah informasi penting, mengenai peran penting Social Media dalam mengatasi pelanggan XL.
Oke langsung saja yaaa,,,,
Perusahaan operator seluler XL Axiata memanfaatkan situs social media sebagai alat komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan, Jika dikelola secara benar, menurut pihak perusahaan atau pihak XL, Social media dapat mengurangi sentimen negatif terhadap perusahaan.

Pengaduan maupun perbincangan di social media meningkat pesat dibandingkan jumlah aduan ke layanan pelanggan (customer service) XL. Senior Marketing Brand and Communications XL Axiata Tommy Watimena, mengatakan, setiap harinya ada lebih dari 60 ribu percakapan tentang XL di social media. Tapi, yang benar-benar melontarkan komplain hanya 10% dari jumlah tersebut. 
Namun, melalui media sosial, pelanggan tak lagi pikir panjang jika ingin komplain. Bahkan, tak sedikit pelanggan yang melontarkan kata-kata kasar di media sosial.

XL mengaku tak alergi dengan hal macam ini. Tim sosial media yang digawangi oleh 6 karyawan, aktif menjawab segala pertanyaan dan komplain pelanggan. "Sekarang sudah bukan jamannya lagi menutup-nutupi masalah. Sekarang kita transparan. Kalau memang sedang ada masalah teknis, ya kita akui itu. Tapi kita tetap berusaha memberi solusi," 

Dengan aktif melayani lewat media sosial, sentimen negatif kepada XL bisa berkurang. Hal ini dibuktikan melalui perangkat lunak pendeteksi perbincangan di media sosial yang dipakai oleh XL.

nah penting banget kan perannya, hehehe

jangan lupa untuk baca juga :

0 comments:

Post a Comment