Tuesday 8 January 2013

1.2 Juta Orang Ngegame di KotaGames





JAKARTA - PT XL Axiata (XL) mengumumkan jumlah pengguna platform KotaGames yang meluncur pada Februari 2012 menembus 1,2 juta. 

"Tren game berbasis social game terus meningkat seperti KotaGames. Mengingat jumlah penduduk Indonesia mayoritas menggunakan feature phone," sebut GM Content And Application Strategic Business & Innovation XL Revie sylviana di Central Park, Jakarta (8/1/2013). 

Dalam paparannya Revie menuturkan, sekira 80 persen dari orang Indonesia masih menggunakan feature phone daripada smartphone. "KotaGames akan terus tumbuh mengingat berbasis wap, platform ini dapat dimainkan di perangkat apapun," katanya. 

Platform social game sendiri lahir berkat kerja sama TheMobileGamer (TMG) dan PT XL Axiata (XL). Memulai debut pada Februari 2012, KotaGames ini awalnya hanya mencatatkan 15 ribu pengguna. 

Permainan di KotaGames mirip dengan game-game yang disajikan di Facebook. Pemain dapat bertemu serta bermain bersama teman baru dan juga dapat mengkostumisasi avatar. 

Menariknya, platform ini bisa dimainkan melalui ponsel. Bahkan, XL mengklaim bahwa ponsel "lawas" pun masih dapat menjalankan sejumlah judul game di KotaGames. Para pengguna ponsel dapat mengakses sejumlah judul game melalui m.kotagames.com atau *123*5888#. 

Layanan Game Terhadap VAS XL
Dengan pencapaian 1,2 juta pengguna di akhir 2012, Revie memandang optimis bahwa layanan game dapat memiliki kontribusi dalam pendapatan VAS XL.

Ia pun menuturkan bahwa secara keseluruhan, kontribusi VAS XL disokong dari layanan musik 30 persen, social network 30 persen, serta sms premium 30 persen, dan konten lainnya 10 persen. 

"Nah, dilihat dari KotakGames yang mencapai 1,2 juta, jumlah ini cukup potensial dan kami perkirakan pertumbuhan layanan game akan tumbuh dua kali lipat tahun ini," sebutnya. 

Sementara itu, guna meningkatkan jumlah pengguna XL yang mengakses KotakGames, perusahaan penyedia layanan telekomunikasi itu berencana untuk mengembangkan platform tersebut ke perangkat iOS dan Android. 

"Kalo KotaGames yang saat ini berbasis wap, jadi semua perangkat bisa mengaksesnya. Ke depan kami berharap dapat meluncurkan platform ini untuk smartphone untuk memberikan pengalaman yang," tukasnya. [okezone.com]

0 comments:

Post a Comment