Tuesday 18 December 2012

Kabar mengejutkan datang dari CEO intel.?


Kabar mengejutkan datang dari Chief Executive Officer (CEO) Intel Paul Otellini, yang akan mengundurkan diri setelah pertemuan pemegang saham tahunan Intel pada Mei 2013. Pria berusia 62 tahun ini bisa dibilang telah menghabiskan seluruh masa karirnya di raksasa semikonduktor tersebut.

Bekerja selama 40 tahun, tentunya kinerja Ottelini tidak bisa diremehkan. Ottelini bergabung dengan Intel pada 1974 setelah menyandang gelar MBA dari University of California, Berkeley.

Dilansir dari Mashable, Selasa (20/11/2012), sebelum menjadi CEO, Otellini menjabat sebagai Chief Operating Officer setelah menduduki berbagai posisi eksekutif di divisi utama microprosessor Intel. Otellini juga memimpin pengenalan prosesor Pentium pada awal 90-an.

Sebagai pucuk pimpinan, Onttellini memperkuat hubungan perusahaan itu dengan Apple, yang mengumumkan transisi desktop dan laptop yang diperkuat Intel pada 2005. Intel juga bekerjasama dengan Apple untuk mengembangkan teknologi pemrosesan khusus untuk kebutuhan daya rendah MacBook Air.

Pengembangan tersebut akhirnya berujung kehadiran Ultrabook, merek dagang Intel untuk kelas baru laptop tipis yang didukung prosesor Intel Core. Otellini juga berhasil menangkis meluasnya jangkauan perusahaan chip saingan, Advanced Micro Devices (AMD).

Sayangnya, di bawah kepemimpinan Otellini, Intel belum mampu membuat banyak kemajuan dalam pasar mobile. Meski Intel membuat prosesor dengan merek Atom, tapi produk tersebut hanya ada dalam beberapa ponsel. Dalam biografi Steve Jobs yang ditulis Walter Isaacson, pendiri Apple itu mengatakan pihaknya telah mempelajari kemungkinan menggunakan chip Intel untuk iPad pertama, tapi sayangnya membutuhkan daya yang terlalu besar.

Sejauh ini, kinerja Ottelini tentu tidak bisa dipandang sebelah mata. Ottelini akan pensiun sebagai pejabat resmi perusahaan dan Direktur. Menyusul keputusan pensiun Ottelini, Intel mengatakan mempertimbangkan kandidat pengganti dari pihak internal dan eksternal dalam masa transisi yang diperkirakan akan berlangsung selama enam bulan. [okezone.com]

0 comments:

Post a Comment